June 23, 2024

LONDON (AP) — Ponsel Pangeran Harry diretas oleh jurnalis dan penyelidik swasta yang bekerja untuk Each day Mirror yang melanggar privasinya dengan mengintipnya secara tidak sah, keputusan hakim pada hari Jumat, memberikan kemenangan bersejarah bagi anggota kerajaan terasing yang melanggar tradisi keluarga. pada pers Inggris.

Peretasan telepon “meluas dan menjadi kebiasaan” di Surat Kabar Mirror Group, dan para eksekutif di surat kabar tersebut menutupinya, kata Hakim Timothy Fancourt dalam putusan setebal 386 halaman yang dijatuhkan di Pengadilan Tinggi.

Surat kabar tersebut diperintahkan untuk membayar Duke of Sussex 140.000 pound ($180.000) karena menggunakan pengumpulan informasi yang melanggar hukum di 15 dari 33 artikel surat kabar yang diperiksa di persidangan.

Harry mengatakan keputusan tersebut “membenarkan dan menegaskan” dan harus menjadi peringatan bagi media berita lain yang menggunakan praktik serupa, sebuah referensi terang-terangan terhadap dua penerbit tabloid yang akan menghadapi persidangan mendatang dalam tuntutan hukum yang membuat tuduhan yang hampir sama.

“Hari ini adalah hari yang baik untuk kebenaran dan akuntabilitas,” kata Harry dalam pernyataan yang dibacakan pengacaranya di luar pengadilan. “Aku diberitahu bahwa membunuh naga akan membuatmu terbakar. Namun mengingat kemenangan hari ini dan pentingnya melakukan apa yang diperlukan untuk kebebasan dan kejujuran pers, ini adalah harga yang patut dibayar. Misi berlanjut.”

Fancourt memberikan ganti rugi kepada Duke atas penderitaan yang dideritanya dan jumlah uang lebih lanjut untuk “mencerminkan rasa sakit hati dan kemarahan” karena dua direktur di Trinity Mirror mengetahui tentang aktivitas tersebut dan tidak menghentikannya.

“Mereka menutup mata terhadap apa yang sedang terjadi dan menyembunyikannya secara positif,” kata Fancourt. “Seandainya tindakan ilegal ini dihentikan, penyalahgunaan informasi pribadi sang duke akan berakhir lebih cepat.”

Harry, 39, putra bungsu Raja Charles III yang diasingkan, meminta uang sebesar 440.000 pound ($560.000) sebagai bagian dari upaya melawan media Inggris yang melawan keengganan keluarganya terhadap litigasi dan menjadikannya anggota senior pertama keluarga kerajaan yang bersaksi. di pengadilan selama lebih dari satu abad.

Kemunculannya di kotak saksi selama dua hari pada bulan Juni menciptakan sebuah tontonan ketika ia melontarkan tuduhan bahwa Surat Kabar Mirror Group telah mempekerjakan jurnalis yang menguping pesan suara dan menyewa penyelidik swasta untuk menggunakan penipuan dan cara-cara yang melanggar hukum untuk mengetahui tentang dirinya dan anggota keluarga lainnya.

“Saya yakin peretasan telepon berada pada skala industri di setidaknya tiga surat kabar pada saat itu,” tegas Harry di Pengadilan Tinggi. “Tidak diragukan lagi.”

Tapi Harry hanya punya sedikit bukti untuk mendukung tuduhannya.

Pengacara The Mirror menunjukkan kepadanya contoh cerita yang mencerminkan cerita yang diterbitkan sebelumnya di surat kabar pesaing dan bahkan cerita yang berasal dari Istana Buckingham dan, dalam satu contoh, cerita dari wawancara yang diberikan sang pangeran sendiri untuk menandai ulang tahunnya yang ke-18.

Dia berulang kali menegaskan bahwa tidak mungkin surat kabar tersebut dapat menyampaikan beritanya secara sah.

Hakim mengatakan Harry memiliki kecenderungan dalam kesaksiannya “untuk berasumsi bahwa semua yang dipublikasikan adalah produk intersepsi pesan suara karena peretasan telepon sedang marak di Mirror Group pada saat itu.”

Fancourt mengatakan Mirror Group “tidak bertanggung jawab atas semua aktivitas melanggar hukum yang ditujukan kepada sang duke,” namun menemukan bahwa pesan telepon sang duke telah disadap ketika peretasan “meluas” di surat kabar dari tahun 2006 hingga 2011.

Mirror Group menyambut baik keputusan tersebut karena memberikan “kejelasan yang diperlukan untuk bergerak maju dari peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu,” kata Kepala Eksekutif Jim Mullen.

“Jika terjadi kesalahan historis, kami meminta maaf tanpa syarat, telah mengambil tanggung jawab penuh dan membayar kompensasi yang sesuai,” kata Mullen dalam pernyataannya.

Kasus ini adalah yang pertama dari tiga tuntutan hukum yang diajukan Harry terhadap tabloid tersebut atas tuduhan peretasan telepon atau semacam pengumpulan informasi yang melanggar hukum. Mereka membentuk garis depan serangan dalam misi hidupnya untuk mereformasi media.

Kedekatan Harry dengan media berita sangat mendalam dan dikutip di seluruh memoarnya, “Spare.” Dia menyalahkan paparazzi yang menyebabkan kecelakaan mobil yang menewaskan ibunya, Putri Diana, dan dia mengatakan gangguan jurnalis membuat dia dan istrinya, Meghan, meninggalkan kehidupan kerajaan dan pindah ke AS pada tahun 2020.

Harry menuduh Surat Kabar Mirror Group menggunakan cara-cara yang melanggar hukum untuk menghasilkan hampir 150 cerita tentang kehidupan awal antara tahun 1996 dan 2010, termasuk kisah cintanya, cederanya, dan dugaan penggunaan narkoba. Pelaporan tersebut menimbulkan tekanan emosional yang besar, katanya dalam kesaksian yang terkadang emosional, namun sulit dibuktikan karena surat kabar menghancurkan catatan tersebut.

Dari 33 pasal yang menjadi inti persidangan, Mirror membantah menggunakan metode pelaporan yang melanggar hukum untuk 28 pasal dan tidak membuat pengakuan mengenai lima pasal lainnya.

Fancourt sebelumnya menolak klaim peretasan Harry terhadap penerbit The Solar. Dia mengizinkan Harry dan aktor Hugh Grant, yang memiliki klaim serupa, untuk melanjutkan ke persidangan atas tuduhan bahwa jurnalis Surat Kabar Grup Berita menggunakan metode melanggar hukum lainnya untuk mengintip mereka.

Hakim lain baru-baru ini memberi izin kepada Harry untuk membawa kasus serupa ke pengadilan melawan penerbit Each day Mail, dan menolak upaya surat kabar tersebut untuk membatalkan gugatan tersebut. Harry bergabung dalam litigasi itu oleh Elton John dan aktor Elizabeth Hurley, Sadie Frost, dan lainnya.

Peretasan telepon oleh surat kabar Inggris sudah ada sejak lebih dari dua dekade yang lalu, ketika jurnalis yang tidak etis menggunakan metode yang tidak canggih dengan menelepon sejumlah bangsawan, selebritas, politisi, dan bintang olahraga, dan ketika diminta untuk meninggalkan pesan, mereka menekan kode sandi default untuk menguping. pesan suara.

Praktek ini meletus menjadi skandal besar pada tahun 2011 ketika Information of the World milik Rupert Murdoch terungkap telah menyadap pesan-pesan dari seorang gadis yang dibunuh, kerabat tentara Inggris yang meninggal dan korban pemboman. Murdoch menutup kertas itu.

Surat kabar kemudian diketahui menggunakan cara-cara yang lebih mengganggu seperti penyadapan telepon, penyadapan rumah, dan mendapatkan informasi penerbangan serta catatan medis.

Surat kabar Mirror Group mengatakan mereka telah membayar lebih dari 100 juta pound ($128 juta) dalam tuntutan hukum peretasan telepon lainnya selama bertahun-tahun, namun membantah melakukan kesalahan dalam kasus Harry. Dikatakan bahwa mereka menggunakan metode pelaporan yang sah untuk mendapatkan informasi tentang pangeran tersebut.

Pada awal persidangan, Mirror Group meminta maaf “tanpa syarat” misalnya ketika mereka mengaku menyewa penyelidik swasta untuk cerita tentang pesta Harry di klub malam pada bulan Februari 2004. Meskipun artikel tersebut berjudul “Seks di pantai bersama Harry, ” tidak termasuk di antara mereka yang dipermasalahkan dalam persidangan, Mirror Group mengatakan dia harus diberi kompensasi sebesar 500 pound ($637).

Harry membawa kasus ini bersama tiga penggugat lainnya, termasuk dua anggota sinetron TV terlama di Inggris, “Coronation Road.”

Hakim menemukan bahwa semua tuntutannya sah, namun ia membatalkan kasus yang diajukan oleh aktor Nikki Sanderson dan Fiona Wightman, mantan istri komedian Paul Whitehouse, karena terlambat diajukan. Dia menghadiahkan aktor Michael Turner 31.000 pound ($40.000).

Persidangan tersebut merupakan uji kasus terhadap Mirror Group dan putusan tersebut dapat mempengaruhi hasil klaim peretasan yang dibuat oleh harta warisan mendiang penyanyi George Michael, mantan anggota Ladies Aloud Cheryl, dan mantan pemain sepak bola Ian Wright.

Kasus Harry juga belum terselesaikan. Dia bisa mendapat ganti rugi tambahan atas sisa 115 pasal yang tidak diperiksa di persidangan.

Hakim meminta para pihak untuk membuat kesepakatan mengenai hal tersebut atau mereka harus diadili lagi.

Supply Hyperlink : [randomize]